Wednesday, June 1, 2016

Tips Merawat Tanaman Rambat di Rumah

Cara Merawat Tanaman Rambat
Cara Merawat Tanaman Rambat
Rumah yang sejuk menjadi dambaan setiap orang, salah satu cara agar rumah anda terlihat sejuk adalah dengan menanam tanaman hias seperti tanaman rambat. Tetapi banyak yang gagal dalam merawat tanaman rambat ini di karenakan ketidak tahuan, berikut beberapa tips yang bisa anda praktekan untuk merawat tanaman rambat di rumah anda :
Tips Merawat Tanaman Merambat
Tips Merawat Tanaman Merambat
Carilah lokasi media tanam yang cocok seperti di bagian dinding luar bagian rumah, berilah tanah yang memang khusus digunakan untuk media tanam, biasanya sudah mengandung beberapa unsur hara yang baik bagi tanaman seperti pupuk dan sekam. Berilah jarak ideal sekitar 20cm antara media tanam dengan dinding agar pergerakan rambatan bisa berjalan dengan baik, jika tanaman rambat memiliki daun yang lebih lebah atur jarak sekitar 50cm dari dinding.
Tanaman Rambat Mendevilla
Tanaman Rambat Mendevilla
Memilih jenis tanaman rambat yang cocok untuk media tanam, jika anda ingin menanam tanaman rambat untuk area carport agar terlihat teduh anda dapat memilih tanaman yang memiliki bunga dan tentu saja harus tahan terhadap sinar matahari karena biasanya daerah carport kontak langsung dengan sinar matahari atau lebih panas. Pilihannya bisa tanaman mandevilla atau alamanda, sedangkan jika hanya ingin yang jenis berdaun pilihannya yaitu tanaman dollar karena lebih mudah dari segi perawatannya.
Tanaman Rambat dengan Bambu
Tanaman Rambat dengan Bambu
Jika media tanam menggunakan dinding usahakan memberikan bantuan seperti bambu agar lebih cepat dan mudah. Atau jika menggunakan besi seperti di pagar atau carport usahakan tanaman di ikat ke arah keatas, hal ini dilakukan agar tanaman mudah di atur perambatannya.
Menyiram Tanaman Secara Rutin
Menyiram Tanaman Secara Rutin
Rutin lakukan penyiraman tanaman pada sore hari, hindari menyiram tanaman pada siang dan malam hari. Hal ini mencegah terjadinya penguapan langsung pada tanaman dan pembusukan pada bagian akar tanaman.
Memangkas Tanaman
Memangkas Tanaman
Memangkas tanaman dalam kurun waktu 2-4 minggu, umumnya tanaman rambat akan semakin subur jika anda memangkasnya setelah berbunga tetapi ada juga yang tidak perlu sering di pangkas. Anda harus mengenali serta memahami jenis tanaman yang anda tanaman agar pertumbuhan tanaman dapat terjaga. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Merawat Tanaman Rambat di Rumah

0 comments:

Post a Comment