Wednesday, June 1, 2016

Memilih Jenis Pot untuk Tanaman

Pot adalah media tanam yang sering digunakan, selain mudah penggunaan pot juga tidak terlalu banyak memakan tempat. Tetapi seringkali orang salah dalam menggunakan pot untuk tanamannya, banyaknya variasi jenis dan bentuk pot seperti pot kotak atau bunda membuat anda bingung dalam memilihnya, ukuran pot sangat menentukan disini. Simak beberapa tips dalam Memilih Jenis Pot untuk Tanaman :

Menentukan Lokasi Penempatan Pot

Tanaman Pot di Halaman Rumah
Tanaman Pot di Halaman Rumah
Lokasi penempatan pot berperan penting dalam pemilihan jenis pot, anda tentunya menggunakan pot berbeda jika ingin meletakannya di halaman dengan di dalam ruangan.

Di bagian halaman rumah

Pot Beton Besar
Pot Beton Besar
Sebaiknya pada bagian halaman rumah anda menggunakan pot yang besar dan kuat, pot harus berbahan semen beton dalam hal ini pot memiliki rangka besi atau batu. Dan cat pot anda dengan cat anti air atau cat minyak hal ini untuk menghindari jamur pada pot.

Di Bagian Teras atau Pagar

Pot Plastik Pagar
Pot Plastik Pagar
Gunakan pot yang berbahan plastik terutama yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Atau opsi lainnya menggunakan pot gantung.

Bahan Pot

Pot Gerabah
Pot Gerabah
Bahan Pot menentukan jenis tanaman apa yang akan anda tanam, pot yang berbahan dasar gerabah atau tanah liat memiliki sifat dasar berpori sehingga air dan udara mudah sekali masuk cocok untuk tanaman anggrek dan melati. Sebaliknya jika pot berbahan plastik memiliki unsur lembab dan mampu menaham air, media tanam ini cocok untuk jenis tanaman hias yang butuh banyak air seperti pucuk merah.

Sesuaikan Ukuran Pot dengan Tanaman

Ukurlah pot yang akan di gunakan dengan tanaman yang ingin di tanam, sesuaikan ukurannya. Jika pot terlalu kecil sedangkan tanaman yang ingin di tanam cukup besar akan mengganggu pertumbuhan tanaman, dan pada akhirnya akan membuat tanaman akan mati. 

Ada beberapa tips yang sering dilakukan perancang taman dalam mengukur ukuran pot untuk tanaman :

Mengukur lebar daun dengan diameter pot, jika ukurannya sesuai berarti tanaman cocok di letakan di pot tersebut, hal ini bisa di katakan sudah proporsional untuk media tanam.
Cobalah memasukan tanaman kedalam pot sebelum ditanam, jika tanaman dapat masuk dengan leluasa berarti pot cocok untuk di gunakan.

Ukurlah keseimbangan tinggi tanaman dengan pot, pada umumnya tinggi tanaman dan pot adalah 3:1 contohnya jika tinggi tanaman 60cm maka diameter idealnya sekitar 20-30cm.
Memperhatikan Estetika

Tanaman hias di tanam untuk mempercantik rumah anda, pastikan pot yang anda pilih sudah sesuai dengan area tanam dan tentunya memiliki keindahan sehingga enak dipandang. Hindari penggunaan pot plastik berwarna hitam, karena jenis pot ini akan terkesan “murah” dan “gelap”. Perhatikan jenis warna pot, jika tanaman berbunga seperti bunga sepatu anda bisa menggunakan pot berwarna alami seperti cokelat dan abu-abu. Jangan memilih pot berwarna kontras terang seperti orange hal ini akan merusak warna bunga tanaman.


Pot Anggrek Bulan
Pot Anggrek Bulan
Inilah bagian terpenting pemilihan jenis pot, yaitu mengenali jenis tanaman anda :

Tanaman jenis air, menggunakan pot yang apa saja namun tidak memiliki lubang pada bagian bawahnya.

Tanaman hias, untuk tanaman hias berbunga sebaiknya menggunakan pot yang menunjang sistem perakaran serabut seperti pot plastik dengan pori-pori kecil.

Tanaman jenis kayu, pot yang digunakan sebaiknya memiliki panjang yang cukup untuk menunjang pertumbuhan akar, seperti pada jenis tanaman kastuba dan buah.
Tanaman bonsai, jenis tanaman ini biasanya menggunakan pot tanah liat atau keramik dengan ukuran lebih kecil dari tanaman itu sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Memilih Jenis Pot untuk Tanaman

0 comments:

Post a Comment