Saturday, April 11, 2015

Peluang Usaha Toko Sembako

Peluang Usaha Toko Sembako
TabloidWirausha – Peluang usaha toko sembako | Sembako sudah tentu menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Sembako merupakan bahan pokok yang wajib dipenuhi oleh setiap orang untuk kelangsungan hidupnya sehari hari. 

Berangkat dari situ maka peluang  usaha toko sembako ini menjadi lahan usaha yang menjanjikan bagi siapa saja yang  terjun ke usaha sembako. Usaha rumahan toko sembako tidak mengenal musiman, hal ini karena produk sembako diperlukan oleh masyarakat setiap hari harinya. Oleh sebab itu, Usaha Rumahan Toko Sembako bisa anda geluti dan sangat  menjanjikan.

Kebanyakan tempat usaha sembako dibuka sebagai usaha rumahan, dengan memanfaatkan sebagian rumahnya untuk membuka toko sembako tersebut. Usaha rumahan sembako ini tidak mensyaratkan modal  besar, modal yang di butuhkan relatif saja sesuai dengan kemampuan permodalan kita. Namun  begitu modal yang cukup tentu dapat membuat anda lebih mudah berkembang dan menguatkan  pondasi usaha sembako. Usaha rumahan toko  sembako dengan usaha toko kelontong umumnya tidak jauh berbeda, hal ini karena apa yang di  jual di toko sembako suka dijual juga di toko kelontong. Begitu juga sebaliknya.

Bagaimana memeulai Usaha Sembako
Untuk memulai usaha toko sembako, ada baiknya jika anda mengetahui hal hal berikut ini  yang dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan dan mengembangkan usaha rumahan  sembako.

1. Tempat Usaha
Sebagai usaha rumahan tentu saja anda memerlukan tempat di dalam atau sekitar rumah anda,  siapkan ruang kosong yang paling strategis dan menghadap jalanan ramai. Jika modal anda  cukup anda bisa membangun kios di depan rumah untuk toko sembako anda, tentu ini lebih baik  hingga tidak mengganggu aktifitas rumah sehari hari. Walaupun usaha sembako biasa dilakukan  di rumah, anda juga bisa melakukannya di tempat lain seperti pasar atau membuka toko di  pinggiran jalan dengan menyewa atau membuat kios sendiri.

2. Modal Usaha
Modal usaha sembako itu relatif, tidak harus besar yang terpenting setiap kebutuhan poko rumah tangga dapat tersedia walaupun tidak banyak. Berapapun modal usaha yang di  miliki bisa untuk membuat usaha sembako berjalan, tentu saja semakin besar semakin baik.

3. Peralatan yang harus dimiliki
Sebagaimana layaknya usaha dangang lainnya, dalam usaha sembako pun perlu adanya peralatan untuk menaruh barang jualan Anda seperti Rak, Etalase, gantungan rencengan dan peralatan pendukung lainnya seperti kalkulator, timbangan kantong pelastik dan lain sebagainya.  

4. Barang Sembako
Separti sudah diulas diatas, kelengkapan barang sangatlah penting untuk menghindari pembeli  yang kecewa karena tidak menemukan barang yang sedang dibutuhkannya. Bila pembeli ragu toko anda dapat menyediakan barang yang dibutuhkan, maka dia akan menycari toko sembako  lain. Lengkapi barang dagangan walaupun jumlah barangnya  masih sedikit sedikit. Jangan menyetok suatu barang dalam jumlah banyak sedangkan barang  lain habis, usahakan tetap lengkap.

5. Tetapkan Harga Jual yang Pasti
Harga merupakan penentu bagi usaha sembako yang anda kelola. Untuk menarik konsumen lebih banyak sebaiknya anda tidak menetapkan harga yang terlalu tinggi. Buatlah harga yang bersaing dipasaran, biarlah dengan mengambil untung sedikit tetapi barang cepat laku sehingga anda dapat memutar kembali modal. Dengan demikian modal tidak tertahan di barang yang itu tentunya akan sangat merugikan anda karena perputaran modal menjadi lambat.

6. Cari Barang Dagangan Yang Murah
Untuk menjual barang dagangan harga murah namun masih memiliki marjin keuntungan, tentu harus didukung dengan barang yang anda dapatkan harus lebih murah pula. Oleh karena itu carilah agen, grosir atau distributor sembako yang dapat memasok usaha sembako anda dengan harga murah. Carilah pemasok utama dan beberapa pemasok barang lain sebagai cadangan bila barang yang kita butuhkan justru tidak tersedia di pemasok utama.

7. Buat Tampilan Toko Semenarik Mungkin
Jika Anda melihat penampilan toko toko retail sembako yang menjamur dimasyarakat, dimana pengunjungnya akan merasa nyaman berbelanja dan dapat melihat beraneka barang sembako dengan mudah maka ini menjadi salah satu nilai plus bagi toko sembako tersebut. Begitu juga dengan toko sembako anda walaupun tidak harus sama dengan toko toko retail yang diluaran, minimal mendekati yaitu dengan cara menata barang barang sembako anda dengan rapih sehingga mudah dilihat oleh pembeli. Selain itu kebersihan toko pun harus dijaga supaya terhindar daki kesan kumuh yang membuat pembeli menjadi tidak nyaman untuk berbelanja di toko anda.

9. Update Harga Jual
Dalam situasi ekonomi sekarang ini, harga barang sembako sering mengalami naik turun, untuk itu anda harus sering mencari informasi tentang harga barang yang terbaru. Hal ini untuk menghindari kerugian dari penjualan.

10. Manfaatkan Momen Tertentu
Pada saat tertentu harga sembako sering mengalami kenaikan dan penurunan yang drastis, misalkan saja pada hari raya. Belilah barang dagangan yang banyak selagi barang belum naik sebelum hari raya, anda dapat menikmati keuntungan yang tinggi karena harga barang tersebut akan naik pada saat hari raya. Saat setelah hari raya belilah barang sedikit saja asalkan toko sembako anda tetap lengkap, ini untuk mengurangi kerugian karena anda membeli barang masih harga tinggi dan mesti dijual dengan harga murah karena harga pasar barang tersebut turun.

11. Pelayanan Yang Baik
Berikan pelayanan yang baik bagi pelanggan anda sipapun karena pelanggan adalah raja jika anda tidak bisa melayani dengan baik maka pelanggan akan berpindah tempat ke toko lain. Layanilah semuanya dengan sabar, penuh senyum sambil sesekali bisa mengajaknya berbincang ringan.

12. Jam Usaha Yang Panjang
Untuk meningkatkan Omset penjualan dan service pelanggan maka akan sangat baik jika jam buka toko anda diperpanjang dari toko toko sembako yang lainnya. setiap orang memerlukan sembako setiap saat, oleh sebab itu bukalah usaha sembako anda lebih awal dari yang lain dan menutupnya setelah hari beranjak malam.

13. Kejujuran
Penyakit yang biasa dialami pedagang demi untuk meraup keuntungan yang banyak adalah prilaku tidak jujur terutama dalam hal Takaran dan Timbangan. Dua hal tersebut yang paling sering dilakukan oleh seorang pedagang, untuk itu berlaku jujurlah dalam perniagaan ini. Selain akan mendapatkan keuntungan secara duniawi, berprilaku jujur dalam berdagang juga sebagai bentuk keimanan yang akan mendapat keuntungan secara akhirat yaitu dengan mendapat pahala yang besar dan keberkahan dalam perniaggaan disisi Allah Subhanahuwata’ala.

14. Planing Mengembangkan Usaha
Bila usaha sembako anda sudah maju, mulailah berfikir untuk mengembangkan usaha toko sembako baik dengan cara memperluas toko yang telah ada, membuka cabang baru ataupun meningkatkan usaha dari yang tadinya toko sembako eceran menjadi grosir sembako. Oleh karena itu mulailah untuk menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha, menciptakan sebuah sistem agar toko sembako anda bisa berjalan walaupun tanpa kehadiran anda dan medelegasikan tugas tugas anda.

Resiko Usaha Toko Sembako

Walaupun usaha toko sembako merupakan usaha yang menyediakan kebutuhan sehari hari tetapi usaha sembako ini bukan usaha yang tanpa resiko, ada beberapa resiko yang harus dihadapi oleh seorang yang terjun dalam usaha toko sembako ini diantaranya:

1. Harga yang sering tidak menentu
Harga sembako sembako biasanya sangat erat kaitannya dengan harga BBM “Bahan Bakar Minyak” dan kelangkaan barang di pasaran. Sehingga kenaikannya mengikuti kenaikan harga BBM atau kelangkaan barang, untuk itu perlu sering update informasi setiap saat untuk memantau agar harga jual sembako bisa tetap stabil.

2. Adanya Minimarket Dipermukiman
Saingan terberat bagi usaha toko sembako ini adalah dengan adanya toko toko retail modern seperti minimarket yang dibangun ditengah tengah permukiman. Hal ini tentunya akan sangat merugikan. Bagaimana tidak, minimarket yang di bangun sedemikian rupa dengan system kenyamanan berbelanja didalamnya dengan adanya AC, penataan barang yang rapih dan pembeli dapat mengambil sendiri barang yang diinginkannya serta fasilitas lainnya yang membuat pembeli nyaman berbelanja didalamnya.
Untuk menyikapi persaingan ini pengelola toko sembako perlu membuat terobosan terobosan agar usaha nya dapat bertahan dan bersaing dengan toko retail modern. Salah satunya bisa dengan harga yang lebih miring atau dengan system antar pesanan, hal ini masih jarang dilakukan oleh toko retail modern yang ada sekarang ini.  

Demikian ulasan singkat mengenai peluang  usaha toko sembako, bagaimana apakah anda tertarik untuk memulainya? Selamat mencoba!!!

Image Source : pusatbisnisgrosir.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Peluang Usaha Toko Sembako

0 comments:

Post a Comment